Tugas UTS Algoritma dan Pemograman

Aplikasi Sederhana


Assalamualikum. Wr.Wb.

   Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan hidayah dan inayah-Nya sehingga dapat menyelesaikan aplikasi sederhana yang saya beri nama "Admin Rumah Sakit Ajah" yang digunakan sebagai salah satu tugas UTS mata kuliah Algoritma.

   Namun demikian tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, segala kritik dan saran yang bersifat membangun sangat saya harapkan untuk di masa yang akan datang.

Penjelasan Aplikasi
   Saya disini membuat aplikasi administrasi untuk rumah sakit yang hanya berfungsi untuk input data pasien baru, administrasi pasien rawat inap dan administrasi pasien rawat jalan, berikut Flowchartnya :




   Aplikasi ini sangatlah sederhana, saya membuat projek ini menggunakan java NetBeans dengan semua isi sourchnya memakai JFrame Frome. Dengan isi framenya adalah frame Log In, frame Menu Utama, yang dimana saya hanya membuat 3 menu yaitu menu Data Pasien, menu Rawat Inap dan menu Rawat Jalan.

Sebelum masuk kepenjelasan dari menu-menu, pertama saya bahas mengenai design dan code untuk frame Log In, berikut sourch design dan sourch codenya :

A. Frame Log In

Design Log In(RS Ajah)

Sourch Code Log In (RS Ajah)

   Selain code di tombol Log In saya juga menggunakan JOption pada tombol Exit untuk memastikan bahwan user betul-betul akan keluar atau tidak.

Kemudian frame selanjutnya yaitu :

B. Frame Menu Utama

Design Menu Utama (RS Ajah)

Sourch Code Menu Utama (RS Ajah)

Dibagian menu utama terdapat 4 tombol :
1. Tombol Menu Data Pasien, perintah untuk masuk ke frame Data Pasien.
2. Tombol Menu Rawat Inap, perintah untuk masuk ke frame Rawat Inap.
3. Tombol Menu Rawat Jalan, perintah untuk masuk ke frame Rawat Jalan.
4. Tombol Log Out, perintah untuk kembali ke frame Log In.

Sesuai code diatas saya menggunakan dispose untuk perintah codenya.

C. Frame Data Pasien

Design Data Pasien (RS Ajah)

Sourch Code Data Pasien (RS Ajah)

   Dimenu ini saya hanya membuat sourch code pada tombol Menu dan tombol Hapus, sedangkan untuk tombol Simpan saya belum memasukan sourch codenya karena code pada tombol simpan berkaitan dengan data base, dan berhubung materi sekarang saya belum sampai data base jadi tidak saya cantumkan. Next...

D.  Frame Rawat Inap

Design Rawat Inap (RS Ajah)


Sourch Code Radio Button Rawat Inap (RS Ajah)

   Code untuk tombol Radio Button Tunai dan Non Tunai, serta code untuk tombol Menu untuk perintah kembali ke frame Menu Utama.


Sourch Code Rawat Inap (RS Ajah)

   Code pada tombol Proses, salah satu code aritmatika pada aplikasi ini.

E. Frame Rawat Jalan

 Design Rawat Jalan (RS Ajah)


Sourch Code Rawat Jalan (RS Ajah)

   Frame Rawat Jalan, menu Terakhir pada Aplikasi ini. Sama dengan frame Rawat Inap untuk frame ini menggunakan Radio Button dan Terdapat code Aritmatika yang lebih simple dari pada frame Rawat Inap.
 Kesamaan dari ketiga menu diatas adalah terdapat tombol simpan yang belum saya masukan code untuk data base.

   Demikian penjelasan untuk apliksi sederhana yang saya buat, yang tentunya masih banyak sekali kekurangannya. Saya sangat mengharap keritik dan saran untuk membangun projek lebih bagus lagi dan lebih bermanfaat. Thanksss...


Nama        : Gunari Ahmad Rafirman
NIM          : 161021450550
Kelas        : 02TPLM003/507

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas UAS Algoritma (Gunari Ahmad Rafirman/161021450550)